Harga domba texel fullblood dan super update tahun ini depok jawa barat

Berapa harga domba Texel di pasar tahun ini? Nama domba ini diambil dari tempat asalnya yaitu Pulau Texel yang terletak di Provinsi Noord Holland, Belanda. Daging domba Texel terkenal unggul di seluruh dunia, karena sangat ramping.

 

Genetik domba Texel sendiri sangat besar, berat, dan berotot, dengan wol berwarna putih keabu-abuan. Penyebaran domba ini hampir di seluruh dunia, termasuk Indonesia yang memiliki banyak pembudidaya.

 

Berbicara mengenai wol pada domba, sekilas tampilannya hampir mirip dengan domba Merino. Wol inilah yang membuat Texel berbeda dari Merino. Texel memang memiliki wol, tetapi hanya menutupi tubuh, tidak termasuk wajah dan kaki.

 

Domba ini, tidak seperti Merino, memiliki bulu yang tebal dan panjang di seluruh tubuhnya. Bahkan rambut di wajah dan kaki tumbuh, yang menjadikan Merino produsen kain wol paling produktif di dunia.

 

Berapa harga domba Texel saat ini? Sebelum membahas harga, mari kita pelajari dulu sejarah dibalik Texel sebagai daging domba yang populer di Indonesia.

 

Sejarah dan Harga Domba Texel di Indonesia

 

Domba Texel diekspor ke lebih dari 35 negara di seluruh dunia pada abad ke-18, termasuk benua seperti Eropa, Amerika, dan Oseania. Negara-negara ini melihat peningkatan populasi kawanan Texel. Ini karena kemampuan beradaptasi dan daya tahan Texel yang sangat baik.

 

Texel juga diperkenalkan ke Indonesia oleh Belanda pada tahun 1970-an. Perkembangan pertama terjadi di Jawa Barat sebelum menyebar ke seluruh Pulau Jawa.

 

Wol texel digunakan dalam tekstil, dan dagingnya juga rendah lemak. Meski begitu, produksi wol Texel tidak sebanding dengan domba Merino yang dapat memberikan dampak signifikan bagi perekonomian suatu negara.

 

Sampai saat ini, peternakan domba Texel berpusat di Afrika, Belanda dan Australia. Texel Indonesia merupakan mayoritas dari grup ini. Harga Texel ditentukan oleh kualitas, trah atau keturunannya.

 

Texel cross super mulai 1,75 juta dengan betina usia 6-7 bulan. Laki-laki yang sama, dari umur dan jenisnya, harganya sekitar 2 juta.

 

Tapi jangan salah, Texel tetap menjadi investasi yang berharga. Golongan darah lengkap untuk pria dewasa dapat menelan biaya hingga 60 juta dolar.

 

Double Diamond adalah domba yang memegang rekor Texel termahal. Dia adalah fullblood Texel besar yang dijual di lelang di Skotlandia pada tahun 2021 seharga 90.000 atau sekitar 7,2 miliar rupiah!

 

Ciri & Ciri-Ciri Domba Texel Di Indonesia

 

Domba texel cukup terjangkau (untuk supercross) di Indonesia. Karena itu mereka sangat populer di kalangan peternak. Domba texel wholeblood memiliki dampak positif pada peternakan dan kualitas.

 

Untuk mengenal domba-domba ini lebih jauh, ada baiknya memahami apa saja ciri-ciri dan ciri-ciri domba texel. Secara umum, berikut beberapa ciri tersebut.

 

Ciri-ciri Domba Texel di Indonesia

 

Ciri-ciri fisik domba Texel dapat dilihat. Domba texel lebih besar dari domba penghasil wol. Domba texel memiliki beberapa ciri lain yang melekat pada tubuhnya.

 

1. Badan berotot besar/besar

Tubuhnya yang besar dan berotot adalah ciri yang paling mencolok. Alasan ini juga yang menjadikan Texel sebagai salah satu domba terbaik di dunia. Texel unggul tidak hanya dalam memproduksi daging, tetapi juga wol. Berkat tubuh berotot Texel, tekstur dagingnya tidak mengandung banyak lemak.

 

2. Muka Domba Texel Putih

Selanjutnya, tampak depan terlihat bahwa domba Texel memiliki wajah yang putih bersih. Tidak ada bulu panjang di wajah domba ini. Hanya rambut pendek yang menonjolkan bentuk kepala khas Texel.

 

3. Tidak Ada Rambut di Kaki dan Kepala

Wol tidak tumbuh di kaki Texel kecuali di kepala. Domba ini memiliki 'penampilan lebih keren' dibandingkan domba atau kambing lainnya. Adanya bulu hanya di badan dan ekor saja, yang justru membuat penampilannya semakin besar dan sangat besar.

 

Texel dewasa dapat mencapai berat 160 kg. Domba Texel juga merupakan raksasa daging. Sementara di antara kambing raksasa daging ada jenis kambing Boer.

 

4. Telinga pendek ke atas

Selanjutnya, bentuk telinganya penting. Domba Texel baik yang murah maupun yang mahal, bentuk telinganya sama yaitu pendek dan atas. Telinganya tampak menghadap ke depan (dengan posisi hampir horizontal).

 

5. Hidung dan Kuku Domba Texel Berwarna Hitam

Perhatikan hidung domba Texel dan kukunya jika Anda bisa. Kuku kaki dan hidungnya gelap (hitam).

 

Ciri dan Ciri-Ciri Domba Texel di Indonesia

 

Burung merpati tidak seganas kambing petarung, melainkan domba yang berwatak penurut. Bahkan lebih jinak untuk Texel betina, yang sangat ramah dan bersahabat dengan manusia. Adapun domba Texel jantan, mereka sedikit lebih agresif daripada betina. Karakter domba Texel dijelaskan lebih rinci di bawah ini.

 

1. Walaupun badannya besar, tetap mudah bergerak

Walaupun memiliki tubuh yang besar, ditambah lagi dengan rambut di tubuh yangh membuatnya lebih besar. Domba Texel ternyata masih mudah bergerak. Pasalnya, struktur genetik domba Texel memang seperti itu, sehingga masih mampu menghasilkan daging berkualitas dunia di setiap bagian tubuhnya.

 

2. Reproduksi atau mudah direproduksi

Peternak dapat bersukacita karena domba Texel tidak memiliki anak domba, sehingga meningkatkan produktivitas. Bahkan, domba bunting jenis ini bisa dibeli dengan harga domba Texel yang murah di gibasbarokah.com (GB Farm).

 

3. Pertumbuhan Sangat Cepat Melebihi Domba Broiler Lokal

Texel tumbuh sangat cepat, seperti semua domba potong. Dimana persediaan pakan harus mencukupi kebutuhan pakan sehari-hari. Menurut penelitian, Texel fullblood dewasa bertambah berat antara 300g dan 600g setiap hari.

 

4. Mudah beradaptasi, daya tahan tubuh kuat, dan mudah perawatannya

Domba texel mudah dirawat. Di Pulau Texel asalnya, domba ini telah belajar bagaimana beradaptasi dalam kondisi ekstrem. Dari kemampuan beradaptasi dan kemampuan tubuh untuk mengobati dirinya sendiri, kita bisa mulai dengan daya tahannya yang kuat terhadap penyakit.

 

5. Bisa Bersahabat Jadi Bisa Menjadi Hewan Peliharaan

Jika Anda suka menjadikan domba atau kambing sebagai teman bermain Anda, maka Texel adalah pilihan yang tepat. Kambing Pygmy memiliki ukuran yang lucu dan sangat kecil, karena itu khusus dijadikan sebagai kambing hias. Adapun Texel, dia adalah kambing lucu dan menggemaskan dengan ukuran raksasa.

 

Hubungi kami untuk mendapatkan harga Texel dan jenis domba lainnya, fullblood atau campuran, di Gibas Barokah (GB Farm Ngawi). Anda dapat menemukan informasi kontak dan informasi di website gibasbarokah.com atau media sosial kami dengan nama yang sama.

 

Cara Beternak Domba Texel di Indonesia

 

Untuk beternak domba broiler seperti Texel, tujuan utamanya adalah agar cepat gemuk dan besar. Apakah hanya terletak pada pola dan jenis pakan domba? Padahal, meski tidak hanya ditentukan dari pola dan jenis pakan, faktor-faktor tersebutlah yang paling penting.

 

Anda juga bisa memelihara domba Anda dengan berbagai cara, antara lain membersihkan, merawat kandang, menilai kondisi fisiknya, dll. Lihat penjelasan berikut untuk informasi lebih lanjut.

 

1. Perhatian pada kandang: Pastikan kandang ideal untuk penggemukan.

Kandang domba pedaging tersedia dalam berbagai jenis tergantung pada usianya. Ada kandang komunal untuk beberapa domba sekaligus, ada kandang individu untuk pemeliharaan. Intinya, memperhatikan kandang adalah tujuannya agar domba tidak stres.

 

Ternyata stres bisa berakibat fatal bagi pertumbuhan domba. Kandangnya mungkin terlalu kecil, tidak nyaman, atau penuh sesak dengan orang.

 

2. Pola dan komposisi pakan domba seimbang

Pola dan komposisi pakan sangat penting. Semakin besar domba Texel, semakin banyak nutrisi yang dibutuhkan. Umumnya, nutrisi ini dibagi menjadi protein dan energi.

 

Adapun komposisi pakan secara umum ada 2 yaitu pakan konsentrat dan pakan hijauan. Pakan konsentrat berisi ampas tahu dan bungkil kelapa. Ini juga termasuk jagung, singkong, bekatul dan bekatul. Sedangkan pakan hijauannya meliputi rumput gamal, kaliandra, daun lamtoro, rumput gajah, dan daun pisang.

 

Pakan konsentrat dari bahan-bahan di atas tidak banyak, hanya sekitar 1-3% dari berat total domba. Pakan hijau (yang merupakan pakan utama) kira-kira 10-25% dari berat seekor domba.

 

Tentu peternak bisa menambahkan pakan lain yang sudah teruji atau berdasarkan pengalaman. Hal yang sama berlaku untuk pakan fermentasi atau buatan. Karena mahalnya domba Texel maka sangat penting untuk memperhatikan pola dan komposisi di atas.

 

3. Perawatan tubuh fisik domba

Domba texel, berbeda dengan kambing memiliki tubuh yang berbulu tebal. Peternak juga harus memberikan perawatan fisik kepada dombanya setidaknya sekali atau dua kali sebulan. Beberapa anjuran perawatan antara lain mandi untuk membersihkan domba, memelihara bulu dan memangkas kuku domba (umumnya enam bulan sekali).

 

Anda bisa melakukan semuanya

 

Domba akan lebih nyaman di tubuhnya dan tumbuh menjadi raksasa daging yang luar biasa.

 

4. Kontrol Kesehatan Domba Texel Secara Reguler

Hal berikutnya yang perlu dilakukan peternak adalah mengontrol kesehatan domba Texel. Tentunya Anda sudah paham apa yang harus diperiksa pada domba. Beberapa contohnya antara lain mata, hidung, mulut, kaki, anus, tingkah laku, dan gejala lainnya.

 

Pastikan Anda memiliki mata, hidung, dan mulut yang bersih (tidak ada lendir yang aneh). Keempat kaki domba harus dapat menopang tubuh agar bebas bergerak, periksa juga bagian perut dan pastikan tidak sepihak. Anus dapat digunakan untuk mendiagnosis penyakit.

 

Peternak dapat melakukan kontrol kesehatan dengan memperhatikan tingkah laku domba dan mengamati wajar atau tidaknya. Isolasi domba jika mereka menunjukkan gejala yang tidak biasa. Anda dapat memindahkan domba yang sakit ke kandang isolasi khusus sebelum melakukan pemeriksaan lebih detail.

 

5. Bila perlu berikan suplemen dan vitamin

Cara beternak domba Texel selanjutnya adalah dengan menggunakan suplemen atau vitamin khusus. Setiap peternak akan memiliki metodenya sendiri untuk memastikan pertumbuhan yang optimal. Baik menggunakan suplemen produsen atau suplemen sayuran yang difermentasi.

 

Domba yang sakit membutuhkan pengobatan dan perawatan yang berkelanjutan. Kami dengan senang hati memberi Anda petunjuk jika Anda hatelah membeli domba dari GB Farm. Layanan ini membuktikan bahwa GB Farm Ngawi menghargai pembelian Anda.

 

Peternakan Gibas Barokah memiliki harga Domba Texel termurah.

 

Pada akhirnya, jika Anda tertarik untuk mengusulkan domba jenis Texel, golongan darah lengkap (100% murni asli dengan sertifikat peternakan Australia/Afrika). GB Farm memiliki solusi untuk jenis persilangan yang dihasilkan dari persilangan domba super broiler.

 

GB Farm menawarkan berbagai layanan modern. Jenis dombanya adalah Dorper, Awassi Garut Merino Suffolk Texel. Serta jenis kambing (Boer, Anglo Nubian, Alpen, Saanen, Pygmy, hingga kambing kurban). Peralatan yang digunakan dalam peternakan, atau untuk mengolah produk.

 

Berikut adalah beberapa jenis dan harga domba Texel berdasarkan keadaan masing-masing.

 

1. Domba Texel

GB Farm jual domba betina texel mulai harga 1,5 juta. Ini adalah harga terendah di pasar Indonesia. Oleh karena itu sangat ideal untuk peternakan yang ingin memelihara atau membudidayakan domba broiler kelas dunia dari Belanda.

 

Ada dua usia yang berbeda, 6-7 dan 8-10. Domba Texel betina ini merupakan hasil persilangan antara domba pedaging super yang kualitas unggulnya terjamin. Anda dapat melihat informasi lebih lanjut tentang domba ini di sini (https://gibasbarokah.com/domba-texel-betina.html).

 

2. Domba Texel Betina Hamil

Ada dua pilihan: Texel hamil dengan domba atau Texel hamil dengan domba Dorper fullblood. Mulai dari 3.000.000, domba Texel hamil dengan domba. Mulai dari 5 juta untuk Dorper fullblood pertama yang mengandung domba.

 

Kriteria berikut diperlukan untuk domba Texel bunting: bobot antara 40 dan 50 kg, dua kali vaksinasi PMK, 1-3 laktasi, 100% sehat. Jaminan hamil dengan cek usg, informasi lengkap tentang paket ini bisa langsung di cek disini (https://gibasbarokah.com/domba-texel-bunting.html).

 

3. Domba Texel Persilangan

Domba jantan Texel adalah jenis yang langka. Hubungi gibasbarokah.com untuk memastikan ketersediaan stok. Harga domba texel persilangan dewasa antara 3 sampai 5 juta. Cek informasi dan ketersediaan Texel jantan peranakan disini (https://gibasbarokah.com/cross-texel-jantan.html).

 

4. 100% Domba Texel Fullblood Texel Asli

100% Fullblood Texel adalah produk domba Texel terbaik. Harga texel sekitar 50.000.000 baik laki-laki maupun perempuan. Tubuh domba itu sendiri mengandung semua keunggulan genetik Texel. Impor langsung dari peternakan di Afrika, makanya perlu booking jauh-jauh hari.

 

Konsultasi gratis di kontak GB Farm, kami dengan senang hati membantu kebutuhan peternakan anda dengan pelayanan terbaik dan tentunya dijamin selamat sampai tujuan. Berikut panduan lengkap ciri, sejarah, perawatan domba Texel, dan harganya di Indonesia tahun ini.

 

 

#dombatexel #texel #domba #dombatexeljantan #dombatexelbetina #dombatexelbunting #dombabunting

Comments

Popular posts from this blog

Produk Pagar Beton dan Uditch yang Tahan Terhadap Cuaca Ekstrem dari PT Unicon Precast Concrete Jawa Tengah

5 TIPS TERNAK DOMBA TEXEL UNTUK PEMASARAN - GB Farm

Review Merk Kaos Terbaik di Indonesia